Trip Batu - Malang (Day 1)

Posted on Monday, July 3, 2017

Minggu kedua puasa 2017 kemarin, kami ber-7 pergi jalan-jalan ke Batu, Malang.

Loh kok rame banget ber-7?

Iya, saya, suami, anak 2, papa dan mama saya, plus satu sus.. rame deh :D

Beli tiketnya jauh-jauh hari banget pas ada Garuda Travel Fair di bulan Januari. Saya gak langsung ke GTF yang di Senayan kok, cukup ke travel agent di mall terdekat. Sekarang semuanya sudah online! Iya, kita tetap bisa beli harga tiket promo seperti harga di GTF. Cuma bedanya, kita gak bisa dapat potongan harga lagi seperti yang ada di lokasi pameran GTF-nya (biasanya di GTF beberapa orang pembeli pertama, atau pake kartu kredit tertentu bisa dapat potongan harga lagi).

Tahun 2017 sangat menyenangkan buat merencanakan liburan. Simply, karena harpitnasnya buanyak banget! Gile, kayaknya hampir setiap minggu di bulan April dan Mei ada liburnya. Tapi dasar ya, tiap harpitnas di bulan itu, harga tiketnya jadi mahal. Akhirnya kita dapat harga yang “lumayan” murah di bulan Juni. Ya eyalaah, puasa cuyyy.

Kita dapat harga tiket Jakarta-Malang, dan Malang-Jakarta disekitar 800-ribuan one way. Kelihatannya mahal ya, tapi kalo di lihat-lihat, harga budget airlines ya disekitaran itu. Harga Garuda kalo gak promo diatas 1 jutaan. Kenapa gak ke Surabaya dulu? Sempet mikir sih, soalnya Jkt-Sby itu harganya 400-500 ribuan.. beda 300 ribu kalo dikali 6 pan lumayan. Tapiiiii, pikir-pikir lagi, males ah. Rempong kita bawa bayi. Kasian juga kalo kecapean di jalan.

Untung juga kita gak ke Sby, karena kata pak supir sewa mobil, jalanan Sby – Malang sekarang macet gara-gara khasus lapindo. Jalanannya jadi jelek dan harus muter. Naik kereta pun jadwalnya gak ada yang pas sama jadwal pesawat.

Yuk, langsung ke acara jalan-jalannya. Prolognya udah kepanjangan kayaknya :P

Itenary kita sbb:

2 Juni: Jkt-Malang-Batu, Batu Night Spectacular (BNS)
3 Juni: Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo dan Museum Satwa)
4 Juni: Kusuma Agrowisata, Museum Angkut
5 Juni: Malang-Jakarta

Standard yahhh.. hahaa…

Tapi seru kokkkkkk

Jangan pindah channel yaa :’D

2 Juni: Jkt-Malang-Batu

Jadwal pesawat kita adalah jam 8 pagi. Berarti harus berangkat dari rumah jam 6 pagi. Karena Garuda, kami akan lewat terminal 3 yang baru! Horeeeee…

Ternyata, terminal 3 ini guedeeeee banget yahhhhhh. Suasana nya mirip banget sama bandara di Singapura. Semuanya serba luas, bersih, dan terang gonjreng. Di dalam banyak tempat belanja (ada mothercare segala loh), dan restorannya juga cukup lengkap. Seneng banget deh, akhirnya Jakarta punya bandara kelas internasional (napa gak dari dulu yak?).

Kami sempet foto-foto norak dulu dan Grace seneng benget karena ada mini playgroundnya. Plus, bisa main sambil bisa lihat pesawat :D.

Tempat nurunin penumpang aja udah gede begini. Beda banget ya bu, sama terminal 1 dan 2

Love the ceiling!
Grace happy mau jalan-jalan
Terminal keberangkatan dilihat dari atas

Playground!
Pas baru sampe masih sepi.. Pas kita mau take off baru mulai rame
Banyak toko-toko keren.. kayak di Changi yahh

Tanpa delay, kami lalu dapat panggilan untuk boarding. Oh ya, minus point buat Terminal 3 nih. Entah karena space-nya yang besar, atau sound systemnya jelek, yang pasti panggilan boardingnya gak kedengeran! Saya yang nongkrong deket terminalnya aja, kedengerannya sayup-sayup, gimana yang lagi shopping agak jauh coba. Mereka sepertinya menyadari hal ini sih, jadi pas boarding, ada mas-mas petugas yang muter sambil teriak-teriak manggilin penumpang.

Penerbangan ini adalah penerbangan pertama Theo lohhh. Saya gak khawatir, karena pengalaman bawa Grace terbang waktu 4 bulan, dan baik-baik saja. Theo, si anteng yang sudah mau 10 bulan pasti lebih oke lagi. Plus penerbangannya cuma sejam lebih kok.

As predicted, penerbangan berjalan mulus. Grace asik nonton Ice Age, Theo sempet tidur bentar pas take-off lalu dibikin sibuk ngunyah pas landing.

Malang

Welcome to Malang

Bandara Abdul-Rachman Saleh sederhana banget. Tipikal bandara kota kecil di Indonesia. Tapi pas kita disana cuma pesawat kita yang landing, jadi bagasi dll nya cepet. Begitu sampai, pak supir yang akan menemani kita selama 3 hari sudah standby di pintu keluar.

Kita pakai jasa Eagle Rent Car Malang. Hasil browsing sana sini, si Eagle ini yang websitenya paling terlihat professional, di telepon juga orangnya ramah, dan bisa nego (penting). Saya pesan Innova 2016 (550k/hari incl. BBM dan supir), tapi ternyata dikasih Innova 2017 yang paling baru. Padahal secara pricelist, beda harga 2016 dan 2017, 100 ribu loh. Katanya sih karena yang 2017 lebih luas dan lebih panjang body dalemnya. Lumayaaan, 7 orang + 1 supir + stroller + bagasi kami bisa keangkut semua dengan nyaman :D. Bayarannya juga gak pake DP loh, langsung tunai ke supirnya aja di hari terakhir. Hassle free lah. I personally recommend this service.

Setelah semuanya berhasil di “tekuk” masuk, kami mampir makan siang dulu di restoran Chinese food Depot Gang Djangkrik. Katanya disini cwei mie nya terkenal. Ternyata beneran enaaaak kakakkkk. Bukan hanya Cwei mie nya, tapi rasanya semua menu Chinese food yang kami pesan enak semua. Apa kami yang kelaparan yah? Hahaha… Eniway, restoran ini Non-Halal yah (pantes enak hahahaha). Mendadak merasa beruntung nyewa mobil + supir. Kalo tanpa supir, kita mana tau restoran-restoran enak kayak begini.

Setelah kenyang, kami sempet mampir dulu ke Carrefur, beli kentang, labu, kacang, dll buat Theo. Rempong ya bok bawa anak yang masih MPASI hahahaa.

Setelah itu, kami langsung menuju hotel kami di Batu.

Kirain mah Malang-Batu itu kayak Jakarta-Bogor. Ternyataaaaa, setengah jam saja dong. Dekeeeeeet hahaha. Kata pak Supir ini karena jalanan lancar. Kalau lagi musim liburan, bisa sampe 2 jam macetnya. Oh no. Ya maklum sih, jalananya cuma 1 lajur sih. Gimana ini pemerintah, kota wisata keren begini kok jalanannya gak diperbesar, bandaranya juga gak dibagusin. Huhu…

Singhasari Resort, Batu

Setelah galau mau nginep dimana, akhirnya saya memutuskan untuk menginap disini. Kenapa? Karena ratenya pas lagi murah hahaha (alasan cetek).

Saya pesan di Traveloka dapat rate 700 ribuan/malam. Kami pesan 2 malam untuk2 kamar. Pas banget dapet diskon lagi 200 ribu kalo masukin kode lewat App. Jatoh-nya jadi 650 ribuan saja nett untuk resort bintang 5. Gimana saya gak langsung klik beli cobaaaaaaaa.

Sesuai ekspektasi, resortnya bagus. Luas banget. Bersih. Kamarnya juga luas, dan dapat pinjaman baby cot. Fasilitasnya lengkap. Kolam renangnya besaaar. Ada Jacuzzi dan sauna. Ruang main anaknya lumayan oke, tiap malem bisa nonton “bioskop” di ruangan theaternya. Terus ada game room yang bisa main xbox + Kinect. Ada flying fox juga sih, tapi ada extra chargenya.

Sampai di hotel kami dijamu dengan wedang jahe yang enak. Beres-beres sebentar, terus ajak anak-anak main di kolam renangnya. Pikiran mumpung sian bolong jadi gak terlalu dingin, tapi ternyata dingin juga. Grace dan Theo seneng aja tuh dingin-dingin, mamanya cuma berani sampai batas pinggang hahaha.

Selesai dingin-dinginan kami lanjut ke kolam Jacuzzi. Enak bangettttt sumpah, dari air dingin pindah ke air hangat. Rasanya gak pengen udahan.

Di sebelah lobby ada gamelan, tapi selama saya nginep disana gak kelihatan ada yang mainin sih
Our room. Lengkap dengan baby cot yang sudah saya pesan melalui email. Emailnya dijawab dengan cepat loh ^^

Ruangannya luas bisa buat lari-lari
Love and hate relationship dengan rain shower model begini. Seneng buat mandi sendiri. Sebel karena susah buat mandiin bayi
Ini aslinya luas loh
Haloo...
Mejeng dulu yuk.. padahal takut nyemplung karena dingin
Kids Club Indoor

Batu Night Spectacular (BNS)

Jam 5 kita berangkat ke BNS. Kami gak beli tiket terusan karena pikiran gak mau main apa-apa. Harga tiket masuk aja 40 ribu. Kalau terusan 90 ribu.

Sampai disana ternyata belum gelap. Sepiiiiiiiii banget. Toko-toko nya juga baru buka. Sempet mau makan di food court tapi ternyata gak ada yang enak. Walaupun cukup shok liat harganya. Gilaaaaaa, untuk tempat wisata, harga soto kudus cuma 15 ribu doang! Hahaha

Saat masih belum gelap. Serasa milik sendiri yah
Kosong-song!
Udah mirip Song Hye Kyo belom?

Selesai makan, ternyata di depan sudah gelap, dan pengunjung sudah mulai ramai. Lumayan deh, saya kira cuma kami doang pengunjung satu-satunya :p

Disini yang terkenal adalah taman lampionnya. Ternyata untuk masuk ke taman lampion kami harus lewat gang yang disebelah kanannya rumah hantu dengan hantu-hantuan yang menjuntai-juntai dari lantai 2. Hiiiiiiiiiii.. Saya langsung tutup mukanya Grace dan kabur. Bukan apa-apa sih, saya cuma takut Grace kita itu beneran dan kebawa ke mimpi.

Ini loh gangnya
Masuk ke taman lampionnya bayar lagi 15 ribu / orang. Kayaknya kalau tadi beli tiket terusan udah gak bayar lagi deh. Di dalam ternyata beneran bagus. Sayangnya susah banget euy fotonya. Giliran lampionnya kena, orangnya gelap. Giliran orangnya terang, lampionnya jadi jelek hahaha.. Cupuuuu…

Beli tiket dulu
Cantik yah depannya
Welcome to year of rooster :D

Eh ada Monas di Malang!
My lovely boys. Theo gemes bangettt, kayak boneka

Giliran foto ber4, Gracenya lemes. Kecapean kayaknya abis main seharian dan gak tidur siang
Wefie bertiga aja deh
Anaknya manyun terus. Mamanya sumringah.
Best photo-spot
My bear *gemes gemes*
Pertunjukan joged-joged

Selesai dari sana kami muter-muter lagi lihat permainan. Permainannya, kalau menurut saya, lumayan oke sih. Sekali naik harganya sekitar 10-15 ribu. Tau gitu tadi saya beli tiket terusan aja yahhh…

Si sus main ini.. mini tower of teror haha
Sekitar jam 8-an kami keluar dari sana, lanjut cari makan malam.

Pak Supir merekomendasikan Warung Bethania. Restorannya kecil, nyaris gak keliatan dari luar. Ternyata dalamnya luas, banyak foto dan tanda tangan pejabat. Dan yang paling penting, makanannya enakkkkk. Saya yang sebenarnya cukup kenyang, akhirnya tak kuasa dan ikut makan lagi hahaha.

Warung Bethania
Telp: 0341-591158
Jl. Diponegoro No. 103 - Batu.

That’s the end of day 1.

Hari berikutnya lanjut di next post yah.

Discussion

1. dulu gua ke malang juga makan di warung bethania, dan emang enak banget... jadi pengen ajak jayden ke malang deh jadinya...

1. ayuk Mel. Pasti Jayden suka deh, kan udah mulai ngerti..

2. Gile gw hampir 5th di sby baru 1x nyentuh malang...batu malah blm nyentuh wkwkkwkw rasany malang masih kids friendly ya mel buat liburan, boljug aah

3. Kayanya Malang dan Jepang lagi jadi destinasi populer yah 2 tahun belakangan ini hahaha...
    Itu tiket sama hotel harganya bikin mupeng euy
    Anak-anak seneng dong Mel jalan2 kemari? Berarti boleh rencanakan destinasi berikutnya karena udah sukses ke Malang

4. Seruuuu.. Dapat rate hotel yg ok harganya pulak.. Ahh.. Mupengg.. Penasaran sama warung betania :D